Tuesday, December 20, 2011

Peneliti Muda USU Pamerkan Kendaraan Berbahan Bakar Air

Peneliti-peneliti muda Fisika yang tergabung dalam Pusat Studi “Energi Baru-Terbarukan (Renewable Energy) dan Sensor Hijau (Green Sensor)” Lembaga Penelitian Universitas Sumatera Utara (USU) telah memamerkan produk-produk penelitian mereka di Pameran Riset dan Iptek Sumatera Utara 2011 yang bertemakan “Research is a business” yang diselenggarakan oleh Dewan Riset Daerah Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprovsu) pada tanggal 23-25 November 2011 lalu di Pendopo USU. Produk-produk penelitian Fisika tersebut terdiri dari Alat Pengkonversi Uap Air Menjadi Tegangan Listrik, Kendaraan 100% Berbahan  Bakar Air, Alat Pengkonversi CPO Menjadi Biodiesel Suhu Rendah, Sistem  Pendeteksian Konsentrasi Pupuk Dalam Air Fertigasi Dengan Menggunakan Biosensor, Sensor Diabetes dari Bayam.
Adapun peneliti-peneliti muda Fisika tersebut merupakan mahasiswa/i semester 7 Fisika S-1 FMIPA USU.  Stan produk-produk penelitian mereka telah menarik banyak perhatian pengunjung dari berbagai kalangan, termasuk oleh Deputi I Kementerian Riset dan Teknologi Republik Indonesia Bapak Dwi Nowo Martono, Ketua Dewan Riset Nasional Bapak Prof. Dr. Ir. Andrianto Handojo, Ketua Dewan Riset Daerah Bapak Hervian Tahier dan Rektor ITM Bapak Prof. Ilmi Abdullah.
Para peneliti tersebut telah melakukan penelitian sejak tahun 2009 dibawah bimbingan Tulus Ikhsan Nasution, S.Si, M.Sc yang juga merupakan Dosen di Departemen Fisika FMIPA USU dan peneliti di Lembaga Penelitian USU. Menurut Tulus Ikhsan, semua penelitian ini merupakan inovasi baru yang telah diciptakan  di USU. Beliau berharap agar pihak Universitas Sumatera Utara khususnya  dan Pemerintah Indonesia memberikan perhatian lebih besar agar hasil penelitian ini lebih dioptimalkan terutama dalam bantuan dana dan penyediaan peralatan penelitian serta laboratorium penelitian. Karena menurut beliau hasil-hasil penelitian ini dapat mempromosikan dan membawa nama baik USU baik di Indonesia maupun di Luar Negeri. Beliau juga berharap agar mahasiswa/i yang berprestasi dalam penelitian mendapat kesempatan untuk melanjutkan studinya baik kesempatan itu diberikan oleh USU ataupun oleh Negara, setidak-tidaknya mereka bisa mendapatkan pendidikan gratis di USU
.
ALAT PENGKONVERSI UAP AIR MENJADI TEGANGAN LISTRIK
Produk penelitian ini adalah sebuah alat pengkonversi (konverter) baru berukuran mini (0.5 cm x 0.5 cm) yang mampu mengkonversi secara langsung uap air menjadi tegangan listrik. Mekanisme kerjanya berdasarkan pada interaksi diantara molekul-molekul uap air dan lapisan sensitif konverter yang dibuat dari biopolymer. Molekul-molekul uap air tersebut dapat berasal dari penguapan air tawar maupun air asin. Konverter ini juga mempunyai kelebihan dibandingkan dengan sel surya. Karena dapat dioperasikan sepanjang hari. Jika banyak konverter digabungkan di dalam sebuah modul, sebuah panel uap air dapat dikonstruksi untuk memproduksi tegangan listrik dalam kapasitas yang tinggi. Dengan demikian, di masa depan panel uap air tersebut dapat mengatasi masalah sel surya yang mempunyai sumber energy tidak stabil dimana sangat bergantung pada radiasi sinar matahari.

KENDARAAN 100% BERBAHAN BAKAR AIR
Salah satu produk penelitian yang diunggulkan oleh mereka saat ini adalah kendaraan 100 persen berbahan bakar air. Kendaraan ini digerakkan dengan pembakaran gas hidrogen yang dihasilkan dari pemisahan molekul air (H2O). Pemisahan air tersebut dilakukan dengan Teknik Perambatan Gelombang (Proses Fisis) di dalam suatu Sel Pemisah Air dimana gelombang tersebut dibangkitkan dari Rangkaian Elektronik. Penggunaan metode ini dapat menghindarkan penggunaan elektrolit, katalis atau energi yang besar yang memerlukan biaya operasional yang tinggi. Sistem kendaraan bahan bakar air ini dapat diinstal pada kendaraan komersial yang sudah ada dengan hanya memodifikasi sistem penyaluran bahan bakar, yaitu menggantikan karburator yang ada dengan karburator yang didisain sendiri. Air yang digunakan sebagai sumber bahan bakar pada kendaraan ini adalah air yang telah diproses pada konduktifitas listrik tertentu yang membawa kepada nilai ekonomis yang sangat tinggi dalam komersialisasinya, baik bagi produsen maupun konsumen. Gas buang kendaraan ini berupa uap air sehingga kendaraan ini ramah lingkungan.
SISTEM PENGKONVERSI CPO MENJADI BIODIESEL
Sistem ini adalah suatu rangkaian elektronik yang digunakan untuk mempercepat reaksi kimia dari campuran CPO dan methanol untuk produksi biodiesel. Sistem ini akan menggantikan reaktor yang selama ini digunakan untuk membuat CPO menjadi biodiesel. Dan selama dalam proses penelitian tersebut secara tak terduga mereka juga menemukan proses pemurnian minyak CPO. (vie/humas)
PENDETEKSIAN KONSENTRASI PUPUK DI DALAM AIR FERTIGASI DENGAN MENGGUNAKAN SENSOR KITOSAN
Produk ini adalah sistem sensor yang mampu mendeteksi konsentrasi pupuk di dalam air fertigasi, dengan mengetahui jumlah konsentrasi dalam air fertigasi dapat dilakukan penyeimbangan pemberian pupuk yang tepat, sehingga produksi hasil tanaman pertanian/perkebunan dapat dimaksimalkan. 
sumber :http://www.usu.ac.id
Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
stay younger