Friday, June 22, 2012

Data BPS : Warga Malaysia Pengunjung Danau Toba Terbanyak

Ketika Sumut Jadi Surga Bagi Malaysia

Jika ada yang bertanya ke negara manakah kebanyakan orang Indonesia menghabiskan uangnya untuk berbelanja sambil berwisata? Jawabnya sudah pasti adalah negeri Jiran Malaysia dan Singapura. Yah, dua negara ini memang dijadikan sebagai surga untuk berbelanja oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.
Fenomena serupa ini ternyata juga dialami negara Malaysia. Seperti halnya masyarakat Indonesia yang lebih suka berbelanja ke negara lain, Malaysia ternyata juga mengalami hal yang sama.

Rakyat Malaysia telah menjadikan Sumatera Utara menjadi surga untuk belanja dan wisata kuliner, sehingga tidak mengherankan kalau angka kunjungan turis asal negara itu terus meningkat setiap tahun.

“Warga Malaysia yang pernah datang ke Sumut pasti akan kembali ingin datang lagi dengan alasan belanja apa-apa murah dan makanannya enak-enak,” kata Konsul Malaysia untuk Medan, Sumut, Norlin Othman.
Menurut Norlin, selain untuk berbelanja dan menikmati makanan, wisatawan asal Malasyia itu juga suka dengan objek wisata alam seperti Danau Toba termasuk main golf yang tarifnya dinilai lebih murah dibandingkan ke negara lain.


Objek wisata alam Sumut khususnya Danau Toba memang sangat bagus, meski diakui jarak tempuhnya cukup jauh, atau 4-5 jam perjalanan dari Medan.

“Dengan semakin banyaknya kunjungan wisatawan Malaysai diharapkan hubungan baik antara Pemerintah Malaysia dengan Indonesia khususnya Sumut akan semakin baik,” katanya.

Ia juga mengakui, kunjungan wisatawan Sumut ataupun secara menyeluruh dari Indonesia ke Malaysia juga semakin bertambah tiap tahun, dimana secara keseluruhan Indonesia merupakan pendatang terbesar kedua setelah Singapura.

Berdasarkan data dari BPS Sumut, wisatawan Malaysia yang berkunjung ke Sumujt mencapai 65,84 persen dari jumlah kedatang turis ke daerah itu yang sebanyak 191.472 orang.

Kunjungan turis Malaysia itu sendiri naik 6,38 persen dibandingkan 2009 yang masih 102.679 orang.
Setelah Malaysia, turis terbesar yang datang ke Sumut pada 2010 adalah dari Singapura sebanyak 11.187 orang dan disusul Belanda 6.820 orang.

Pada Januari 2011 kunjungan wisatawan asal Malaysia sudah mencapai 7.420 orang, dimana angka itu juga menjadi paling terbesar dibandingkan total kedatangan turis di bulan itu sebanyak 15.441 orang.(ant/hms)
Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
stay younger