Wednesday, November 2, 2011

RE Nainggolan: Calon Bupati Taput harus Berkepribadian Tegas

Tarutung – Figur seorang tokoh yang layak untuk menjadi calon Bupati Tapanuli Utara periode 2014-2019 mendapat tanggapan berbeda dari sejumlah pengamat politik. Namun, seorang pemimpin yang pro rakyat kecil masih dianggap lebih relevan.

Drs RE Nainggolan MM misalnya, mantan Sekda Provinsi Sumatera Utara ini mengatakan, figur seorang tokoh yang layak menjadi calon Bupati Taput harus mampu bekerja sesuai dengan aspirasi masyarakat.
“Calon Bupati Taput itu harus seorang yang mampu memberi pelayanan secara maksimal terhadap rakyat,” sebut RE Nainggolan saat dihubungi wartawan, Sabtu (21/10) melalui ponselnya.
Ditanya soal latar belakang figur yang layak memimpin Taput, RE Nainggolan, dengan ringkas menyebut, latar belakang seorang yang pantas menjadi Bupati Taput adalah seorang yang sederhana dan berkepribadian tegas. ”Soal latar belakang sederhana saja dan memiliki kepribadian yang tegas,” katanya.
Sedangkan untuk latar belakang pendidikan, ia mengatakan, tidak menjadi acuan kemampuan untuk menjadi seorang pemimpin. ”Sebenarnya seorang yang berpendidikan tinggi belum tentu dapat memimpin. Jadi, kalau soal latar belakang pendidikan, dari mana saja boleh, yang penting itu tadi, berkeperibadian dan tegas,” pungkasnya.
Sebelumnya, pengamat politik di Taput lainnya, Ir Yunus Caesar Hutauruk mengatakan, dirinya sendiri, hingga kini belum menemukan seorang sosok yang pas untuk memimpin Taput.
”Kalau masyarakat Taput kini sudah ada yang mengunggulkan sejumlah tokoh untuk menjadi bupati, secara pribadi saya belum menemukan yang pas,” tandas Ir Yunus.
Namun, sebutnya lagi, dari sejumlah tokoh yang belakangan marak diunggulkan masyarakat menjadi figur calon bupati, terdapat sejumlah tokoh yang menurutnya terbaik dari yang sudah ada. ”Kalau figur tokoh yang disebutkan masyarakat itu semua, saya sendiri menilai ada satu dua orang yang terbaik dari yang ada, tapi saya tidak perlu menyebutkan siapa orangnya,” ujarnya.
Sementara itu, Ketua Forum Masyarakat Peduli Bonapasogit, Wesly Suta Fernando Simanjuntak mengatakan, sosok yang layak menjadi Bupati Taput ke depan harus memiliki latar belakang pendidikan yang tinggi, berpengalaman dalam memimpin pemerintahan, merakyat dan religius.
“Setelah melihat perkembangan pembangunan Taput saat ini, kini saatnya masyarakat jeli untuk memilih pemimpinnya. Menurut saya, sosok seorang yang berpendidikan tinggi, berpengalaman memimpin pemerintahan, serta merakyat dan religius adalah yang lebih layak,” tandas Wesly.
Ia menyebut, perkembangan pembangunan di Taput, kini sudah mampu dikejar oleh kabupaten tetangganya. ”Perkembangan pembangunan yang ada, kini sudah mampu dikejar oleh kabupaten-kabupaten tetangganya yang notabene baru dimekarkan dari Taput sebagai kabupaten induk. Harusnya, Taput sudah jauh lebih maju dari kabupaten yang dimekarkannya itu,” pungkas Wesly.
Sebelumnya, sejumlah kalangan masyarakat mengunggulkan 11 tokoh yang dinilai layak memimpin Taput. Ke-11 tokoh dimaksud masing-masing, Pinondang Simanjuntak SH Msi, dr Rikardo Situmeang S.Ked MM, Drs Mauliate Simorangkir MSi, Drs Sanggam Hutagalung MM, Samsul Sianturi SH, Ir Marojahan Situmeang MT, AKBP Maruli Siahaan, Sanggam Hutapea, Poltak Lumbantobing, Sanggam Manalu, Elly Manalu. (Metro/hsl/des). Sumber
Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
stay younger