Thursday, May 23, 2013

EPHORUS HKBP INGINKAN SOSOK BUPATI TAPUT RELIGIUS, BERSIH KKN, PEDULI LINGKUNGAN HIDUP DAN PAHAM BIROKRASI


Foto : Ephorus HKBP W.T.P Simarmata, St. Pinondang Simanjuntak, SH, M.Si, Bupati Humbanghas Maddin Sihombing

Siborong-borong, TAPUT- Pada Pesta Perak 25 Tahun HKBP Distrik XVI Humbang Habinsaran Senin, 20 Mei 2013,  pihak panitia mengundang beberapa tokoh yang dihadiri oleh Pdt. Emeritus  Dr.S.A.E. Nababan, Ephorus HKBP Pdt. W.T.P Simarmata, Bupati Humbang Hasundutan Maddin Sihombing juga dihadiri tokoh-tokoh masyarakat yang datang dari Jakarta Ibu Anita br. Lubis yang seorang Duta Ulos dan St. Pinondang Simanjuntak, SH, M.Si yang juga santer  dikenal sebagai salah satu bakal calon Bupati Tapanuli Utara 2014-2019, namun Bupati Tapanuli Utara Torang Lumban Tobing tidak hadir sangat disayangkan sebagai tuan rumah apalagi Tapanuli Utara terkenal sebagai daerah religus dan pusat HKBP, seharusnya mendapat perhatian khusus tentang peranan HKBP dalam membangun TAPUT ke depan. Kehadiran Bupati Taput hanya diwakilkan oleh salah satu utusan padahal Bupati Taput juga mendapat undangan resmi oleh pihak panitia.

Pesta  Perak HKBP Humbang Habisansaran yang pada saat itu mengangkat Tema “ Marilah kita meningkatkan mutu pelayanan mewujudkan anak-anak menjadi berkat dunia” selain dihadiri oleh tokoh-tokoh juga dihadiri oleh para jemaat HKBP yang terdiri dari banyak ibu-ibu dan anak-anak sebagai pengisi acara seremonial dan hiburan cukup meriah .  Acara yang meriah tersebut dimulai dengan acara ibadah yang dipimpin langsung oleh Ephorus HKBP dan didampingi oleh para pendeta yang berasal dari Distrik XVI Humbang Habinsaran.

Setelah acara ibadah selesai, kemudian para tamu undangan diberi kesempatan untuk memberi ceramah singkat.  Pada kesempatan itu Anita br. Lubis sebagai duta ulos  menyampaikan bahwa ulos harus mendapat peranan penting sebagai penunjang peningkatan pendapatan tetap terutama masyarakat kecil, kaum ibu, yang memproduksi ulos secara rumahan. Setelah ibu Ani Lubis, Maddin Sihombing sebagai Bupati Humbanghas juga diberi kesempatan memberikan ceramah singkat. Bupati Maddin Sihombing menyampaikan pesan moral, peranan HKBP yang sudah besar harus tetap di jaga bahkan dikembangkan untuk generasi Batak berikutnya. Mantan Ephorus HKBP Pdt. Emeritus S.A.E Nababan juga menyampaikan pesan moral “bahwa kemajuan HKBP tidak luput dari peranan ibu-ibu dan anak-anak dan para pemuda sehingga HKBP ke depan harus lebih memberi perhatian khusus kepada ketiga kelompok tersebut” ungkapnya. S.A.E Nababan juga menambahkan HKBP juga harus berperan ikut serta mewujudkan pemerintahan yang bersih di Bonapasogit. S.A.E Nababan memberi contoh Bupati Humbanghas, Maddin Sihombing sebagai salah satu Bupati terbaik di Bonapasogit.

Hampir senada dengan mantan Ephorus HKBP Pdt. Emeritus S.A.E Nababan, Ephorus HKBP WTP Simarmata menyampaikan banyak pesan moral tentang HKBP dan Pembangunan Tapanuli Utara sebagai pusat HKBP. Pdt. W.T.P Simarmata mengatakan “kemajuan HKBP tidak terlepas dari peranan siapa saja, terutama kaum muda, HKBP selama ini telah melupakan peranan kaum muda, untuk itu kita harus kembali membangkitkan semangat orang-orang muda (naposo) HKBP” ungkapnya. WTP Simarmata menambahkan “ HKBP kini membuka kembali hubungan silaturahmi toleransi beragama dengan organisasi-organisasi besar keagamaan yang ada di Indonesia, seperti PBNU dan MUI, melihat kondisi yang sangat miris terhadap toleransi beragama yang terjadi saat ini di Indonesia dimana pemerintahan tidak memberi perhatian khusus dan sangat berbahaya bagi kelangsungan NKRI” tambahnya.

Pada kesempatan itu Ephorus HKBP Pdt. W.T.P Simarmata juga memberi motivasi khusus terhadap pembangunan Kabupaten Tapanuli Utara sebagai pusat HKBP dan juga sebagai daerah Induk Bonapasogit yang telah dimekarkan menjadi beberapa kabupaten. Ephorus HKBP Pdt. W.T.P Simarmata melalui ceramahnya sangat sedih dengan kondisi Tapanuli Utara saat ini. “Pembangunan Tapanuli Utara ke depan harus memperhatikan lingkungan hidup, bebas korupsi dan paham apa itu pemerintahan” tukasnya dengan tegas.  Ephorus memberi contoh perkembangan kabupaten Humbanghas yang baru di mekarkan dari Tapanuli Utara kini sudah lebih maju dari Tapanuli Utara sendiri. Pada kesempatan itu HKBP memberi pujian kepada prestasi dari Bupati Humbanghas Maddin Sihombing. “Seandainya peraturan kepala daerah boleh tiga kali menjabat, saya kira masih banyak orang memilih Maddin Sihombing duduk kembali menjadi Bupati, tapi itu dilarang oleh undang-undang atau bagaimana kalau kita minta saja bapak Maddin Sihombing untuk maju sebagai calon bupati Tapanuli Utara” ungkapnya dengan nada tawa dan canda diikuti sorak-sorai warga Tapanuli Utara yang hadir dengan kata “Setuju”. “Tapi jangan yah, karena sekarang juga hadir ditengah-tengah kita seorang calon Bupati Taput yang religus dan memiliki visi yang bagus dan berpengalaman untuk kemajuan Tapanuli Utara lebih baik ke depan, saya tidak menyebut nama, karena ini bukan ajang kampanye tetapi beliau hadir di tengah-tengah kita, duduk diantara kita” tambahnya sambil memberi signal dengan kehadiran St. Pinondang Simanjuntak, SH, M.Si yang akhir-akhir ini santer sebagai bakal calon Bupati Tapanuli Utara.

Acara pesta perak HKBP distrik XVI Humbang Habinsaran tersebut ditutup dengan hiburan tortor dari anak-anak sekolah minggu dan pemberian ulos kepada tokoh-tokoh yang hadir. Ephorus HKBP Pdt. W.T.P Simarmata memberi ulos kepada St. Pinondang Simanjuntak, SH, M.Si dan Pdt Emeritus S.A.E Nababan.
Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
stay younger