Wednesday, May 6, 2015

Menteri LHK dan Kepala BNPB Serahkan 103 Rumah kepada Korban Erupsi Sinabung

SAMBUT: Pandam I/BB didampingi Bupati Karo, Terkelin Brahmana, SH menyambut Ketua BNPB dan Menteri Lingkungan Hidup RI, Sitinurbaya Bakar, Selasa (5/5) saat tiba di Siosar.



Dikerjakan Melalui Karya Bhakti TNI
Siosar (SIB)- Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya Bakar bersama Kepala BNPB Syamsul Maarif, Selasa (5/5) menyerahkan 103 unit rumah kepada masyarakat Desa Bakerah di hutan Siosar, Kecamatan Merek.

Hadir anggota Komisi VIII DPR, Syamsul Daulay, anggota DPD Parlindungan Purba, Pangdam I/BB Mayjen TNI Edy Rahmayadi, Gubsu Gatot Pujo Nugroho, Kapoldasu Irjen Pol Eko Hadi Sutedjo, Danrem 023/KS Kol Inf Fachri, Bupati Karo Terkelin Brahmana SH, Ketua Komisi A DPRD Sumut, Toni Togatorop, Dandim 0205/TK, Letkol Inf Asep Sukarna, Kapolres Karo AKBP Victor T Tambunan, Kajari Kabanjahe, I Gde Wirajana, SH, MH, Ketua DPRD Karo Nora Else Surbakti dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Menteri, mengapresiasi kinerja TNI AD, BNPD dan bupati Karo sehingga pembangunan tahap awal 103 rumah telah dapat diselesaikan dengan baik. Ia mengharapkan pembangunan tahap berikutnya dapat segera dilaksanakan bagi warga desa Simacem dan Sukameriah.

"Kehadiran Presiden RI Jokowi dalam kunjungan kerja pertamanya setelah dilantik menjadi presiden adalah ke Tanah Karo sebagai wujud keperduliannya kepada masyarakat. Dua hari setelah kunjungan presiden, ijin relokasi pengungsi Sinabung ke Siosar terbit. Ini sangat kita apresiasi. Sesuai dengan Undang-undang No.24/2007 pasal 5 dijelaskan bahwa, pemerintah pusat dan daerah harus bertanggungjawab atas bencana yang menimpa masyarakat. Jadi jangan ragukan keperdulian pemerintah atas penderitaan.

Kol inf Fahri selaku Dan Satgas penanganan pembangunan rumah penampungan relokasi melaporkan skala besar pembangunan melalui Karya Bhakti TNI AD sampai 5 Mei 2015 telah menuntaskan pembangunan 103 unit rumah siap 100 persen. Dengan jumlah dana total berkisar Rp16 milIar telah dibangun infrastruktur jalan sepanjang 9.2 km dan 103 rumah dengan mengerahkan personil TNI AD sebanyak 496 orang, 41 tenaga tukang dan 21 masyarakat dari pengungsi. Sedangkan pembangunan non fisik melakukan sosialisasi erupsi Sinabung kepada masyarakat dengan total anggaran Rp16 miliar lebih.

Sebelumnya, Bupati Karo dalam sambutannya mengatakan, kondisi erupsi Sinabung dan luapan banjir lahar dingin dari puncak gunung Sinabung sampai saat ini masih terus terjadi. Pemerintah daerah tidak bisa berbuat banyak kalau tidak dibantu pemerintah pusat. Karenanya, bencana yang belum bisa diprediksi kapan berakhir ini diharapkan tetap menjadi perhatian Presiden, para Menteri dan BNPB.

Ditabalkan 

Di sela sela acara tersebut, Dr Syamsul Maarif ditabalkan menjadi marga Sembiring Depari. oleh tokoh masyarakat Desa Seberaya Kecamatan Tigapanah, Segel Karosekali bersama tokoh lainnya.

Pemberian marga Sembiring Depari kepada Kepala BNPB tidak ada nuansa acara ditandai dengan pemberian pakaian adat karo..

Syamsyul Maarif, mengaku terharu atas pemberian marga Sembiring Depari kepadanya. Ini suatu penghargaan yang sangat tinggi dan berharga bagi saya.

Saya akan memberitahukan kepada seluruh masyarakat Karo di Jakarta bahwa, saya juga sudah menjadi warga Karo, ujar Maarif acara diakhiri dengan foto bersama masyarakat dan undangan.(BR2/w)
Free web Counter Log Counter powered by  http://www.myusersonline.com
stay younger